Monday, October 4, 2010

Cara Membuat Blog

Untuk membuat web blog atau biasa disebut blog di blogger.com pertama kali kita harus mendaftarkan diri di Google dengan kata lain kita harus memiliki akun Gmail. Akun itulah yang nantinya kita gunakan untuk masuk ke blogger.com.

Jika kita sudah memiliki akun di Google silahkan Login (masuk) ke blogger.com. Maka kita akan masuk ke tampilan awal blogger.com. Pilih bahasa yang diinginkan, misalnya Bahasa Indonesia.

Untuk kali ini kita ilustrasikan bahwa kita belum memiliki akun Google (Gmail). Tapi sebaiknya kita sudah memiliki akun Google.

Silahkan klik url berikut blogger.com. Maka akan tampil seperti gambar ini



Klik tanda panah besar yang bertuliskan "Ciptakan Blog Anda"

Selanjutnya Pendaftaran Blog (mendaftarkan diri kita)




Silahkan lengkapi

1) Alamat email yang kita masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Kita tidak perlu menggunakan email dari gmail.com. Email apa saja bisa.

2) Lengkapi data-data yang lainnya.

3) Beri tanda pada "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa kita setuju. Lebih baik lagi kita membacanya dahulu.

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan "Lanjutkan".

Jika berhasil, maka kita akan dibawa ke halaman berikutnya. Bagaimana jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata kita salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar ya, ulangi sampai benar. Kami sendiri sampai mengulang 5 kali.

Langkah selanjutnya adalah mengisi nama dan alamat blog kita.

Sebagai contoh, kita menamakan blog tersebut dengan nama Catatan Pay. Maka nanti alamat blog kita adalah http://catatanpay.blogspot.com.

Kita bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang belum dimiliki oleh orang lain. Jika tersedia bisa kita lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka harus kreatif mencari nama lain.

Untuk melanjutkan klik tanda panah bertuliskan "Lanjutkan"

Bagaimana? Apakah berhasil?

Jika berhasil, kita akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah



Pilihlah tema yang sesuai dengan selera kita. Jika tidak ada yang sesui dengan selera pilih saja salah satu dari tema yang disediakan agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Kita bisa preview tema dengan meng-klik gambarnya.

Untuk memilih tema kita klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang ditunjuk dengan panah merah.



Setelah itu klik tanda panah yang bertuliskan "Lanjutkan".

Nah, sekarang kita sudah memiliki sebuah blog. Dan kita sudah mulai bisa memposting tentang apa saja di blog (pastinya hal yang positif) dan dibagi ke seluruh orang dibelahan dunia.

Memang masih ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan elemen, dan penggantian tema jika menginginkan tema yang lain.

Selamat ya... dan silahkan kembangkan kreatifitas untuk menjadikan blog kita lebih cantik dan menarik.

3 komentar:

Anonymous said...

info yang sangat bagus. terima kasih rekan pay

Desemb3r said...

yy,, udah tau........... gmncr nya buat web pribadi??

masa depan yang cerah versi arifin said...

periksa kan blog q bang

Post a Comment

Copyright © Catatan Pay Powered by Blogger